Tantangan Untuk Generasi "Nampuyak"

    What's the meaning of  "nampuyak" ?, and further more what's the meaning of "nampuyak generation", mari kita telusuri asal mula dari kata nampuyak.
      Nampuyak berasal dari bahasa sunda yang bearti sebuah kondisi statis suatu benda, terkesan mengganggu dan tak enak dilihat kata ini memiliki sinonim dengan kata nambru. Biasanya di pakai untuk menyebut kotoran, pakaian kotor atau sejenisnya yang terkesan menumpuk.
     Namun kita juga bisa menemukannya dipakai untuk menyebut kondisi manusia yang menghabiskan hari harinya untuk tidur tanpa melakukan aktivitas apapun. Sebuah ledekan di mana penyandangnya tak beda dengan kotoran, lucunya sewaktu tinggal di Bekasi kami pernah memiliki sebuah genk bernamakan nampuyak tahulah apa kegiatan kami, yup betul kegiatan kami adalah nyaris tanpa kegiatan selain nampuyak itu tadi.
      By the way bus way, lantas apa yang bisa dibanggakan dari generasi penyandang gelar nampuyak, perlu pemikiran mendalam dan lama untuk menjawabnya terus terang saya sendiri bingung (karena penyandangnya sebenarnya nyaris tanpa harapan hidup :-) hohoho ), tapi tentu saja sebuah kondisi negatif bisa saja bernilai positif jika pembandingnya adalah kondisi negatif lagi bukankah -4 : -2 = 2. Lalu apa kondisi negatif yang bisa dibandingkan dengan nampuyak?, banyak tentu saja dalam hal ini saya tidak berpihak pada kondisi nampuyak, contohnya adalah mabok, berjudi, melacur, membunuh orang, merampok. dalam hal ini nampuyak jauh lebih baik. Tapi walau demikian tidak serta merta merubah status nampuyak menjadi positif, karena kalau pembandingnya adalah kondisi positif maka si nampuyak tersebut kelihatan negatifnya -4 : 2 = -2, belajar, kuliah, kursus atau hanya sekedar kerja lembur jelas lebih baik daripada nampuyak. Untuk bisa survive dan muncul ke permukaan kita tak bisa mengandalkan keberuntungan.
      Apa saja penyebab seseorang  memiliki kebiasaan nampuyak?, tentu saja yang pertama adalah karakter, penyakit, lalu kondisi lingkungan bisa jadi cuaca (dalam hal ini biasanya cuaca mendung atau hujan seringkali menjadi penyebab tumbuh suburnya virus nampuyak itu). Apa yang bisa kita lakukan untuk menghindari virus nampuyak?, pertama hendaklah meminta pertolongan pada Tuhan yang maha esa, berharap kita diselamatkan, kedua paksakan diri untuk melakukan pekerjaan sekecil apapun entah itu mencuci, atau nyapu, (asal jangan ngupil karena ngupil merupakan saudara jauh beda ibu dari si nampuyak). So, sebuah pepatah unik pernah gue dengar, "Air yang diam akan cepat berlumut dan berbau busuk daripada air yang mengalir". So masihkah kita betah menjadi generasi nampuyak?, saya sendiri lihat kondisinya, karena hujan sepertinya mau turun sore ini. ( Salam dahsyat dari saya yang sedang melakukan terafi virus nampuyak)









3 komentar:

  1. Termasuk saya ==" xD
    good article^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mau mampir dan ngaku.
      :-p

      Hapus
    2. hahaa...
      ditunggu artikel selanjutnya.. :D ^^

      Hapus